Jambanisasi

Jambanisasi adalah suatu program dari pemerintah untuk pengadaan jamban bersama-sama. Tujuan jambanisasi yaitu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang diawali dari kesehatan sebagai modal dasar menuju kesejahteraan.Karena alasan inilah pemerintah membuat program jambanisasi tersebut.

Di Desa Sewulan dengan masyarakat yang padat penghuni dan terdapat banyak sungai disekitar rumah warga, dengan alasan rumah yang dekat dengan sungai sehingga para warga enggan untuk membangun jamban dan lebih memilih untuk buang air besar (BAB) di sungai. Tercatat hasil surve jamban untuk tahun 2015 terdapat 170 rumah yang belum mempunyai jamban dari ke 31 RT yang ada di desa Sewulan. Dilihat dari jumlah rumah yang belum mempunyai jamban dan lebih memilih untuk BAB di sungai dapat disimpulkan bahwa warganya kurang memperhatikan hidup sehat. Karena sungai yang di gunakan untuk BAB tersebut terkadang digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci baju, mencuci tikar bahkan ada yang digunakan untuk mencuci piring sehingga jauh dari pola hidup sehat.

Untuk hasil surve jamban tahun 2016 tepatnya bulan Agustus sudah terdapat peningkatan pembangunan sebesar 18% sekitar 31 rumah yang sudah membangun jamban di rumah-rumah warga. Dengan hasil surve tersebut semoga dapat digunakan sebagai acuan pemerintah dalam membangun kesehatan sebagai modal dasar menuju kesejahteraan khususnya warga Desa Sewulan.