Jenis Industri

Industri adalah bidang yang menggunakan ketrampilan, dan ketekunan kerja dan menggunakan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi, dan distribusinya sebagai dasarnya. Di Desa Sewulan juga terdapat industri, yaitu industri rumah tangga yang produksinya masih skala kecil dan pemasarannya masih di sekitar Desa Sewulan.

Jamu Tradisional

Jamu merupakan minuman herbal khas Indonesia. Jamu biasanya terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal dan rempah pilihan. Jamu IMG_7437tradisional nggak kalah manfaatnya dengan obat-obatan di apotek. Malah, jamu tradisional lebih alami dan bisa turut serta merawat warisan bangsa kita. Adaoun bahan dari tanaman herbal seperti kunyit, jahe, temu lawak, asam, jeruk pecel, enggu, dawung, secang, pulowaras, adas dll. Jamu tradisional membuatnya cukup mudah dengan alat-alat yang cukup sederhana, jamu ini tidak menggunakan bahan pengawet maupun bahan pewarna yang berbahaya melainkan semua bahannya dari bahan alami. Jamu ini mempunyai manfaat sendiri-sendiri seperti :

  1. Jamu Beras Kencur

Jamu ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu dan meningkatkan stamina.

  1. Jamu Kunyit Asam

Jamu ini bermanfaat untuk mengatasi sakit perut saat datang bulan, dan cocok bagi kamu yang sedang diet dan juga bisa mencerahkan kulit karena kunyit banyak mengandung antioksidan yang membantu meremajakan sel-sel tubuh.

  1. Sinom

Jamu ini bermanfaat untuk  menambah nafsu makan, mengatasi peradangan lambung atau maag dan mengatasi masalah keputihan pada wanita.

  1. Pahitan

Jamu ini bermanfaat untuk mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah risiko diabetes sampai sebagai terapi “cuci darah.

Didesa Sewulan terdapat satu dukuh  Klataan yang hampir sebagian warganya memproduksi jamu tradisional. Jamu ini dijual dengan cara berkeliling dari rumah ke rumah, selain itu bisa dipasarkan dipasar, dan di titipkan di warung atau penjual sayur keliling. Jamu Sewulan ini sudah terkenal karena banyaknya warga yang memproduksi dan IMG_7448rasanya yang khas. Adapun salah satu orang yang memproduksi jamu adalah Ibu Lasmi yang beralamat di dukuh Klataan  Rt 16 Rw 04. Ibu Lasmi sudah memulai produksi jamu tradisional sejak tahun 2001, ibu lasmi  mendapat resep  warisan dari ibunya yang juga pembuat jamu tradisional. Setiap hari ibu Lasmi membuat berbagai jamu tradisional seperti Beras kencur, Kunyit Asam, Sinom, dan Pahitan. Ibu Lasmi mulai membuat jamu setiap pagi pukul 05.00  menghasilakn kurang lebih 20 botol per botol 1,5 liter kemudian pukul 08.00 jamu-jamu tersebut dipasar keliling desa. Satu botol (1,5 L) seharga 6.000 sedangkan untuk dijual pergelas seharga 1.000. Keuntungan perhari ibu Lasmi dari berjualan jamu kurang lebih sebesar 40.000 sehingga dapat di akumulasi keuntungan perbulan kurang lebih 1.200.000.

 

Tempe

Tempe adalah makanan yang terbuat dari bahan baku kedelai yang kaya akan protein. Tempe merupakan lauk pauk yang dapat dibilang relatif murah akan tetapi kandungan gizi yang berguna untuk tubuh. Hampir setiap Rumah di Desa Sewulan setiap harinya memasak tempe untuk lauk entah di goreng atau pun dibuat sayur.

Didesa Sewulan khususnya Dukuh Sewulan Wetan hampir sebagian ibu rumah tangga membuat tempe, untuk tempe yang diproduksi yaitu tempe bungkus dari daun pisang. Salah satu pembuat tempe yaitu ibu Rusmini, Ibu Rusmini membuat tempe sejak 15 (lima belas) tahun yang lalu. Usaha ini sangat membantu penghidupan Ibu Rusmini untuk kesehariannya, IMG_8383setiap harinya Ibu Rusmini membuat tempe dari kedelai sekitar 5-7kg kedelai. Untuk membuat tempe relatif mudah pembuatannya cukup dengan berbahan baku kedelai, tepung beras, ragi dan daun pisang untuk pembungkusnya.

Pembuatannya cukup mudah yaitu Kedelai direbus, kemudian dikelupas kulit arinya, dicuci dengan air bersih, kemudian direbus kembali, setelah dirembus yang kedua ditiriskan didinginkan ditaburi dengan ragi dan tepung beras diaduk hingga merata, proses selanjutnya yaitu kedelai siap dibungkus. Untuk menjadi tempe yang siap di masak membutuhkan waktu sekitar 2 hari. Pemasaran tempe dipasarkan di pasar Sliring, selain itu penjual langsung membeli keruah untuk dijual kembali.

IMG_8386

Usaha membuat tempe setiap harinya kurang lebih mendapat keutungan sebesar 40.000. Dengan keuntungan sebasar 40.000 Ibu Rusmini mampu memproduksi setiap harinya tanpa ada kendala. Untuk hari-hari besar seperti idul fitri produksi tempe Ibu Rusmini meningkat hingga 8-10 kg kedelai per hari yang jauh lebih banyak dibanding hari-hari biasa yang memproduksi tempe 5kg kedelai.

 

Kerajinan Tangan Manik-manik

Kerajinan tangan manik-manik adalah kerajinan tangan yang terbuat dari manik-manik, kerajinan ini sangat disukai oleh kaum hawa. Kerajinan tangan yang memerlukan kesabaran, ketrampilan, dan kreatifitas  sehingga akan menghasilkan kerajinan yang unik dan bagus. Selain itu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut mudah didapatkan.

Di Desa Sewulan terdapat pengrajin dari manik-manik, dari pita, dan IMG_6049membuat bross. Pengrajin tersebut bernama ibu Yayuk, ibu yayuk  memulai kerajinan tersebut sudah berjalan satu tahun. Membuat kerajinan tersebut berdasarkan pesanan, selain itu juga membuat untuk dititipkan di toko-toko dan menggunakan media online seperti facebook (Aisweety88@gmail.com). Adapun hasil produksi kerajinan tangan tersebut antara lain tempat tisu, tas rajut, bross, sulam pita, tas manik-manik dll. Ibu Yayuk juga menerima pesanan secara langsung sesuai keinginan dan untuk souvenir. Untuk kerajinan manik-manik tersebut dijual dengan harga bervariasi bross mulai harga 5.000-20.000 sedangakan tas manik-manik mulai harga 65.000-350.000.

Kerajianan tangan manik-manik ibu Yayuk sudah berjalan dan produk-produknya juga sudah terjual tetapi ibu Yayuk mempunyai hambatan dalam pemasarannya, yaitu pemasarannya kurang cepat. Sehingga menghambat produksi kerajinan manik-manik tersebut. Selain untuk memproduksi manik-manik sendiri ibu Yayuk juga memberikan pelatihan kerajinan tangan tersebut kepada kader posyandu dan ibu-ibu PKK Sewulan.