KIP

Dengan adanya perencanaan Program Indonesia Pintar oleh  presiden Jokowi sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak bangsa. Progaram ini diselenggarakan untuk memastikan bahwa anak Indonesia, dimana pun ia berada, memiliki kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Program ini dibawah koordinasi Mentri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.  Kartu Indonesia Pintar (KIP) ditujukan untuk anak-anak yang masih sekolah mulai Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Program pemerintah KIP merupakan pemberian bantuan tunai pendidikan kepada seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) yang menerima KIP, atau yang berasal dari keluarga miskin dan rentan (misalnya dari keluarga/rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera/KKS) atau anak yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Program Indonesia Pintar melalui KIP merupakan bagian penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) sejak akhir 2014.

Merujuk pada program pemerintah ini di  Desa Sewulan yang padat penduduk dan di desa tersebut sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai petani.   Untuk di Sewulan  sendiri mempunyai generasi muda yang relatif banyak terbukti setiap posyandu balita di 1-4 pos yang ada di desa Sewulan rata-rata balitanya sekitar 80 anak, sehingga dapat disimpulkan generasi muda kedepannya lebih banyak sehingga untuk jenjang pendidikannya juga harus mulai dipersiapkan. Dengan Adanya program KIP tersebut akan sangat membantu sisa siswi khususnya wara desa Sewulan.

Siswa penerima KIP di desa Sewulan baru mendapatkan kartu tersebut sehingga belum merasakan dan menerima bantuan tunai tersebut dari masyarakat. Yang diketahui oleh orang tua siswa bahwa yang memperoleh kartu KIP akan mendapatkan bantuan uang tunai setiap semester untuk sekolah dasar dan setaranya mendapatkan uang sebesar 225.000, untuk Sekelah Menengah Pertama (SMP) dan sederajatnya mendapat uang sebesar 375.000, dan untuk Sekolah Menengah Atas mendapat uang sebesar 500.000. Untuk mendapatkan tersebut siswa diharapakn mengumpulkan fotocopy kartu kluarga dan membawa KIP yang diserahkan ke sekolah masing-masing yang nantinya pihak sekolah akan mengirimnya ke kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrrian Agama. Hingga proses akhir akhir peserta didik/orang tua mengambil dana tersebut ke bank penyalur dengan membawa bukti pendukung seperti Raport/KTP/Kartu Pelajar.

Adapun salah satu penerima KIP :

Nama : Aditya Eka Saputro
Tanggal Lahir : 13 Juni 2006
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Dukuh Bulusari RT 29/RW 06 Sewulan Kec, Dagangan Madiun

 

Aditya salah satu siswa sekolah dasar di desa Sewulan yaitu SDN Sewulan 2 kelas 4. Aditya ini belum pernah menerima bantuan uang tunai tersebut karena KIP nya baru dibagikan sehingga belum merasakan bantuan tersebut. Untuk penerima KIP ini bertahap jadi tidak langsung semua mendapatkan setiap program yang berjalan realisasinya akan berjalan bertahap.