KIS

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. KIS memberikan manfaat antara lain menjamin dan memastikan masyarakat kurang mampu untuk mendapat manfaat pelayanan kesehatan seperti yang dilaksanakan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Kartu Indonesia Sehat ini dibagikan melalui desa yang diserahkan ke warganya yang bersangkutan. Didesa Sewulan ini yang mendapatkan KIS sebanyak 282 orang untuk penerima KIS ini belum seluruhnya tuntas karena pemberian KIS ini bertahap. KIS memberikan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Hasil survey dari penerima KIS yaitu dengan saudara Reni Puspitasari. Reni sudah pernah menggunakan KIS tersebut untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit umum dr Soedono Madiun. Reni terjangkit Demam Berdarah (DB) dan harus oknam selama tiga hari, saudara Reni karna mempunyai KIS tidak dipungut biaya untuk perawatan. Pelayanan untuk penerima KIS juga memuaskan pasien diberi makanan dari rumah sakit sesuai kebutuhan pasien yang sakit. Untuk penerima KIS warga miskin dan tidak mampu sebenarnya tetap membayar iuran akan tetapi iuran tersebut dibayar oleh pemerintah. Warga yang menggunakan KIS sangat berterima kasih kepada pemerintah atas jaminan kesehatan yang diberikan sehingga dengan KIS akan menciptakan warga yang mampu mengontrol pemeriksaan kesehatannya.

IMG-20160816-WA0002

IMG-20160816-WA0000