Komoditas Unggulan

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Di desa Sewulan sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai petani terbukti di Desa Sewulan lahan pertanian cukup luas sekitar 110 ha.Lahan yang digunakan untuk menanam padi seluas 86 ha, untuk daerah sawah yang digunakan untuk menanam padi harus lahan yang mudah pengairannya. Karena dengan pengairan yang cukup untuk menanam padi akan menghasilkan padi yang maksimal.

IMG_7492

Untuk lahan pertanian seluas 25 ha yang sulit pengairannya dapat ditanami tanaman palawija seperti kacang hijau. Palawija seperti kacang hijau tidak memerlukan air sebanyak menanam padi. Untuk tanaman perkebunan di Desa Sewulan seluas 1 ha ditanami tebu yang bisa sekali panen dalam setahun selain itu tidak memerlukan perawatan banyak.

IMG_7482

Dilihat dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa komitas unggulan di desa Sewulan yaitu padi semua warganya menanam padi untuk tanaman palawija dan perkebunan tersebut hanya sebagai pilihan alternatif jika mengalami pengairan yang susah seperti di musim kemarau. Untuk musim penghujan hampir semua lahan pertanian ditanami padi.