Sarana Fisik Kesehatan

Desa Sewulan merupakan suatu desa kecil yang mempunyai luas 169 ha yang digunakan untuk pemukiman  warga sekitar 43,610 ha dengan jumlah penduduk yang relatih banyak sekitar  4.512. Dengan tingkt penduduk yang tinggi di desa Sewulan membutuhkan sarana untuk kesehatan yang memadai, di Sewulan menyediakan prasarana kesehatan dari tinggat yang lebih tinggi yaitu

Puskesmas Pembantu Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatau wilayah kerja. Dibawah Puskesmas induk terdapat anaknya yaitu puskesmas pembantu.

IMG_5751

Didesa Sewulan menyediakan prasarana kesehatan yaitu puskesmas pembantu Sewulan.  Yang terletak di Desa Sewulan RT22/RW 04 bersebelahan dengan dengan SDN Sewulan 1 dan SDN Sewulan 2. Puseksmas Pembantu Sewulan siap melayani kesehatan untuk masyarakat Sewulan setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 07.00-12.00. Diluar jam kerja puskesmas jika warga Sewulan ada yang memerlukan pelayanan kesehatan bisa langsung ke puskesmas Dagangan karena para tenaga medis setelah jam kerja selesei akan dinas di puskesmas Dagangan. Puskesmas Pembantu Sewulan mempunyai 2 tenaga medis yaitu satu bidan Umum  dan Satu perwat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Disini puskesmas pembantu Sewulan  mempunyai peran penting dalam kesehatan khususnya melayani kesehatan warga desa Sewulan. Puskesmas  Pembantu Sewulan melayani pemeriksaan umum di bidang kesehatan seperti  KIA, Keluarga Berencana, Usaha Perbaikan Gizi, Kesehatan Lingkungan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, Pengobatan termasuk pelayanan darurat karena kecelakaan, penyuluhan Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Sekolah, Kesehatan Olah Raga, Perawatan Kesehatan Masyarakat, Laboratorium Sederhana, Pencatatan Laporan dalam rangka Sistem Informasi Kesehatan, dan Kesehatan Usia Lanjut. Di Puskesmas ini para warga yang menggunakan layanan tidak dipungut dibiaya dengan persyaratan membawa KTP atau Kartu kesehatan. Akan tetapi ada beberapa layanan yang dikenakan biaya seperti laboratorium sederhana, biaya yang dikenakan relatif terjangkau untuk masyarakat Sewulan.

Poliklinik Swasta  dr Anies di Desa Sewulan

IMG_5804

Didesa Sewulan untuk sarana dan prasarana kesehatannya selain di Puskesmas pembantu yaitu di poliknik swasta “dr Anies” poliklinik yang melayani kesahatan untuk warga umum, jadi di poliklinik ini tidak hanya warga Sewulan melain kan untuk semua warga yang ingin menggunakan pelayanannya.

Tepatnya di Desa Sewulan RT 09/RW 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Dipoliklinik “dr Anies ini mempunyai lima (lima) tenaga medis yaitu 1 (satu) dokter, 2 (dua) bidan, dan 2 (dua) perawat. Di poliklinik ini buka 24 jam melayani antara lain bedah minor, KIA/KB, khitan dan bersalin, di poliklinik ini menyediakan apotek untuk para pasien menebus obat yang telah diberikan oleh dokter. Untuk konsultasi dokter langsung bisa menemui di jam tertentu yaitu pagi 06.30-07.30 sore 17.00-20.30 untuk diluar jam ini bisa dilayani oleh bidan dan perawatnya.

 

Ponsyandu Balita  dan Lansia Desa Sewulan

Didesa Sewulan terdapat kegiatan rutinan untuk kesehatan balita yaitu posyandu balita. Posyandu merupakan wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait, di Sewulan ponsyandu dibawah tanggung jawab puskesmas pembantu. Untuk pemeriksaan posyandu ini di Sewulan dilaksanakan setiap hari Selasa baik Posyandu Balita IMG_5647maupun Ponsyandu Lansia. Pelaksakaan Ponsyandu di Sewulan terdapat di 5 (lima) tempat yaitu Selasa minggu 1 ( pertama ) di posyandu Sewulan Wetan, minggu ke 2 (dua) di Posyandu Sewulan Kulon, minggu ke 3 (tiga) di posyandu Gender, minggu ke 4 (empat) diposyandu Bulusari, dan hari Rabu di posyandu Kayen. Untuk tempat ponsyandu ini antar balita dan lansia bersebelahan adapun kegiatan posyandu balita yang dilakukan yaitu Pemantauan Pertumbuhan melalui Penimbangan Bulanan, Pemberian Vitamin A dosis tinggi (pada bulan Vitamin A, yaitu Februari dan Agustus),  Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Imunisasi, dan bermain untuk mendidik motorik anak. Untuk kader-kader posyandu balita ini berasal dari warga desa Sewulan sendiri yang sudah terpilih menjadi kader posyandu dan dibantu oleh bidan dari Puskesmas Pembantu Sewulan.

Untuk posyandu lansia merupakan  pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.IMG_5653 Posyandu lansia mempunyai kegiatan yaitu penimbangan berat badan, mengukur tensi, pemeriksaan laboratorium sederhana seperti cek kadar gula, kolestrol, asam urat dan setiap hari sabtu sore diadakan senam lansia untuk meningkatkan kemampuan fungsional raga untuk mencapai tujuan tersebut. Kader-kader posyandu lansia dipilih dari warga Sewulan sendiri dan dibantu oleh bidan saat posyandu berlangsung para lansia diharuskan menyampaikan keluhan yang dirasakan terkait kesehatannya sehingga ibu bidan  memberikan pengarahan untuk keluhan tersebut. Setelah posyandu selesei para lansia diberikan makanan tambahan untuk dimakan yang sudah sesuai untuk usia lansia.

Dengan adanya wadah posyandu balita maupun lansia diaharapkan untuk kesehatan warga Sewulan dapat terkontrol secara berkala sehingga terciptlah warga Sewulan yang sehat dengan demikian untuk bersama-sama mewujudkan visi Desa Sewulan akan lebih mudah tercapai.