Sarana Fisik Pendidikan

Dengan adanya pendidikan, masyarakat bisa berfikir kreatif dan mampu mengikuti perubahan seperti penggunaan inovasi baru, peranan teknologi, dan pola pikir yang berorientasi pada pembangunan.  Di sewulan pendidikan merupakan peoritas utama, karena dengan melalui pendidikan diharapkan masyarakat sewulan terhindar dari kemiskinan, menciptakan generasi muda yang berpendidikan yang mampu mengangkat potensi dan memajukan Desa Sewulan. Di Desa sewulan terdapat sarana prasarana pendidikan seperti KB (Kelompok Bermain),TK (Taman Kanak-kanak),SD (Sekolah Dasar), MTs (Madrasah Tsanawiyah), SMA (Sekolah Menengah Atas).

KB “SIWI PENI”

Merupakan pendidikan non formal paling bawah untuk anak-anak di Desa Sewulan sarana untuk bermain, mengembangkan intelegensi, kemampuan sosial, dan kematangan motorik anak. KB “SIWI PENI” ini beralamat di Jalan Empu Nurya Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Dalam proses mengajar  KB “SIWI PENI” mulai jam 07.30 sampai jam 10.00 senin – jum’at. Dengan fasilitas gedung untuk mengajar 1 (satu) dengan kondisi gedung yang baik dan fasilitas toilet jadi satu sama TK Desa Sewulan.

IMG_5767

TK Desa Sewulan

44

Di Desa Sewulan terdapat TK Desa Sewulan yang merupakan aset bagi Desa Sewulan, karena berdiri di tanah milik Desa Sewulan dan di danai oleh Desa Sewulan sendiri yang beralamat di Jalan Empu Nurya Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. TK Desa Sewulan adalah bentuk pendidikan yang formal dengan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Proses mengajar di dalam TK Desa Sewulan dimulai jam 07.30 sampai jam 11.00 hari senin – sabtu. Materi yang diajarkan meliputi tentang keagamaan, membaca, bernyanyi, berhitung dan berbagai macam ketrampilan.

SDN Sewulan 02

54

SD adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal ditempuh dalam waktu 6 tahun, dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. SD Sewulan 02 adalah sekolah dasar (SD) berlokasi di Propinsi Jawa Timur Kabupaten Madiun beralamat di  Jalan Empu Nurya Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. SD Sewulan 2 ini akan di gabungkan dengan SD Sewulan 01, dikarenakan muridnya yang kurang dan juga kepala sekolah SD Sewulan 01 masa jabatannya habis serta guru yang terbatas. Rencana akan mengubah nama menjadi SD Negeri Sewulan.

MTsN Sewulan

435

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang seiring dengan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia, Madrasah tersebut mengalami perkembangan jenjang dan jenisnya seirama dengan perkembangan bangsa indonesia sejak masa kesultanan, masa penjajahan dan masa kemerdekaan dengan memiliki ciri yang tersendiri. Di desa sewulan sendiri mempunyai Madrasah yaitu MTsN sewulan beralamat di Jalan Empu Nurya Desa Sewulan, Kec Dagangan, Kab Madiun (63172). Dengan fasilititas yang lengkap seperti gedung sekolah, lab, perpustakaan. Selain pendidikan formal MTsN Sewulan juga mempunyai kegiatan pendidikan non formal seperti pramuka.

SMA Kyai Ageng Basyariyah

SMA Kyai Ageng Basyariyah adalah SMA yang berlokasi satu sama Masjid Kyai Ageng Basyariyah wisata religi di Desa Sewulan yang beralamat di Jalan Empu Nurya No Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun. Dengan jumlah gedung kelas sebanyak 11 dan di fasilitasi gedung lab, perpustakaan dan juga UKS.

21